Selasa, 17 April 2012

Arsitektur Mesin Game

Apa itu Arsitektur Mesin Game?

Arsitek adalah pelajaran untuk membuat rancangan dari bangunan. Bagaimana kita mengaitkan Arsitektur dan mesin game?

Arsitektur mesin game adalah system perangkat lunak yang dirancang untuk menciptakan dan pengembangan video game. Simplenya dari arsitektur mesin game itu adalah rancangan dari sistem perangkat lunak dari game itu sendiri.

Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. Engine bukanlah executable program, artinya engine tidak bisa dijalankan sebagai program yang berdiri sendiri. Diperlukan sebuah program utama sebagai entry point atau titik awal jalannya program.

Merancang atau membuat suatu game itu gampang atau susahnya tergantung orangnya. Ketika sang profesional disuruh membuat game pasti sangatlah gampang, beda ceritanya ketika yang membuat itu sang pemula dan dia belum mengerti apa-apa tentang perancangan dan bagaimana cara membuatnya. Di dalam merancang suatu game kita harus melihat juga dari bagian designnya, sistem yang telah kita buat sudah bagus tapi tak di dukung dengan designnya itu seperti sayur yang enak tetapi kurang nikmat gara-gara tidak ditambah bumbu-bumbu.

Tahap awal dari merancang suatu game ialah tahap memilih jenis game yang akan kita buat. Agar lebih terfokus kita mengerjakannya dan tidak bingung ketika kita telah mengerjakan sistem dalam game itu. Tahap awal sudah beres kita bereskan sistem untuk membuat game itu, coding dan kawan kawannya harus kita perhatikan dengan seksama disini. Salah sedikit coding kita maka akan mempengaruhi hasil dari semuanya. Dan jangan lupa semua fungsi yang diperlukan kita masukkan dalam coding game yang akan kita buat. Selanjutnya setelah kita tahu game apa yang akan kita buat dan codingnya sudah jadi, kita siapkan design yang pas untuk game yang akan dibuat. Sudah beres semuanya saatnya mencoba game yang telah dibuat. Cari apa kekurangannya dan ubahlah sehingga game yang akan kita buat tampak menarik untuk di mainkan.

Oh iya, apabila ada yang bertanya-tanya mengapa saya buat diakhir pemilihan designnya? Karena menurut saya design itu menyesuaikan koding yang ada dan semoga rancangan dari saya ini bisa membantu teman-teman yang akan membuat game :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar