Minggu, 14 Oktober 2012

ENGGRANG



     Enggrang adalah salah satu permainan tradisional yang ada di Indonesia dan permainan ini berasal dari negara Indonesia. Permainan yang dimainkan bisa sendiri ataupun beramai-ramai ini memakai bambu untuk memainkannya. Dengan menggunakan 1 batang bambu yang panjang lalu 1 bambu lagi dibuat pendek sebagai pijakannya maka akan menjadi enggrang. Dan tak lupa kita harus mempunyai 1 pasang untuk memainkannya.

     Cukup sulit untuk memainkan permainan tradisional ini. Berbeda dengan permainan congklak yang tinggal memainkan biji pada lubang yang sudah ada ataupun permainan petak umpet yang hanya butuh bersembunyi untuk memainkannya, dalam permainan ini kita butuh keseimbangan agar kita tidak jatuh saat menaiki enggrang ini.

     Sebenarnya sudah jarang sekali anak-anak zaman sekarang memainkan permainan tradisional. Mereka telah beralih untuk memainkan permainan modern seperti Playstation, Xbox atau permainan modern yang lainnya. Permainan jenis ini sudah sedikit tersingkirkan. Sangat disayangkan sekali sebenarnya, karena kita sebagai masyarakat Indonesia seharusnya melestarikan permainan tradisional yang ada di negara kita sendiri.

     Dari sekarang mungkin para orang tua seharusnya lebih memperkenalkan permainan tradisional khususnya permainan enggrang. Permainan yang sangat murah sekali dan mungkin butuh konsentrasi yang lebih. Permainan yang bisa jadi olahraga juga karena pasti berkeringat apabila dimainkan dengan perlombaan bareng teman-teman.
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar